Polda Kalbar Gelar Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2019

 

PONTIANAK – Polda Kalbar kembali menampilkan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai wujud kesiapan Kepolisian dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan kamtibmas pada pelaksanaan pesta Demokrasi Pemilu 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan Taman Alun-alun Kapuas Pontianak. “Simulasi Sispamkota ini melibatkan TNI-Polri dan instansi terkait lainnya, dilakukan sebagai persiapan dalam pengamanan Pemilu 2019, di wilayah Provinsi Kalimantan Barat,” kata Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs Didi Haryono SH MH seusai memimpin langsung Simulai ini di Kota Pontianak, Selasa, (25/9/2018).

Nampak hadir juga Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Pangdam XII/ Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, Danlantamal XII Pontianak Laksma TNI Gregorius Agung, Danlanud Supadio, Marsma TNI Minggit Tribowo, Ketua KPU Kalbar, Ketua Bawaslu Kalbar, Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Sri Handayani dan tamu undangan lainnya.

Dijelaskannya, dengan dilakukan simulasi tersebut, maka pihaknya dan instansi terkait lainnya, dapat mengerti dan bisa menyiapkan langkah-langkah antisipasi terkait pengamanan pada setiap tahapan-tahapan Pemilu 2019 mendatang.

“Ada sekitar sepuluh tahan di Pemilu 2019 ini, dan tentunya disetiap tahapan tersebut kami lakukan simulasi, maka kami bisa menginventarisir setiap kemungkinan yang dapat mengganggu pada setiap tahap-tahapan tersebut,” kata Irjen Pol Drs Didi Haryono.

Dalam simulasi tersebut semua tahapan sudah diperagakan langsung oleh anggota dan telah diantisipasi segala kemungkinannya, sampai ke hal-hal yang sangat teknis sekalipun dilakukan simulasi. “Dalam simulasi ini, juga kami melakukan inventarisir segala kemungkinan yang terjadi hingga pada hal yang terjelek sekalipun. Sehingga bisa dilakukan antisipasi agar semua tahapan Pemilu 2019 bisa berjalan dengan aman, lancar, damai dan sukses,” tuturnya.

Selain menerjunkan ratusan anggota gabungan, sejumlah peralatan pendukung juga disiagakan seperti Mobil Baracuda, Unit Satwa K-9, Tim Jihandak dan pasukan anti huru hara. Terlihat juga satu kompi pengendalian massa (Dalmas) Sabhara bersiag dengan pakaian lengkap untuk mengantisipasi huru-hara dan mobil Water Canon.

Dalam kegiatan Simulasi Sispamkota ini berbagai simulasi pengamanan tahap-tahapan Pilkada diperagakan. Seperti halnya pendistribusian logistik Pemilu yang disimulasikan sempat mendapat gangguan dan ancaman orang tak dikenal. “Dengan terkoordinasi, cekatan dan sigap dalam sekejap berbagai kekacauan yang terjadi bisa diatasi dengan baik oleh tim pengamanan.

Seusai pelaksanaan Sispamkota, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono bersama instansi terkait lainnya, seperti KPU Kalbar, Bawaslu Kalbar dan instansi terkait lainnya melakukan rapat koorfinasi lintas sektoral, TNI- Polri dan Stake Holder mempersiapkan penyelenggaraan dan pengamanan Pemilu 2019 di Kalbar.

“Kalbar mempunyai pengalaman yang baik dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2018 yang lalu yang dapat dilakukan dengan aman, lancar, damai dan sukses. Berbekal pengamanan itulah, Insya Allah penyelenggaraan Pemilu 2019 mendatang juga berjalan dengan aman, lancar, damai dan sukses,” tutupnya.

Sumber Kepala Urusan Liputan Produksi Dokumentasi (Lipprodok) Humas Polda Kalimantan Barat, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Cucu Safiyudin S.Sos SH MH ]

Share Button
Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *