Polisi Di Jam Tangan Saya “Versi” Reza Indragiri

Sorotan Publik : Dalam talkshow Hari Bhayangkara di iNews beberapa hari lalu, di hadapan Kadiv Humas Mabes Polri dan Komisioner Kompolnas, saya sempat menyinggung ihwal kecepatan kerja polisi.

Memberikan ilustrasi kepolisian Jepang yang sempat saya kunjungi (disponsori JICA), saya bahas bahwa kecepatan respon diukur berdasarkan rentang waktu sejak laporan masuk ke command center hingga polisi menjejakkan langkah pertamanya di TKP.

Malam ini, dalam rangka membantu anggota masyarakat yang bayinya dalam kondisi kritis, saya meminta bantuan Kapolresta Bogor. Saya terhubung ke Kapolsek Bogor Barat pada pukul 20.23 WIB. Selanjutnya, saya memperoleh kabar bahwa mobil patroli sudah tiba di RSUD pada pukul 20.33 WIB. Jadi, waktu respon Polresta Bogor/Polsek Bogor Barat adalah tepat bahkan kurang dari sepuluh menit!

Untuk ukuran lalu lintas yang tidak ringan, plus perilaku pengguna jalan yang kadang tidak tertib, apalagi di jam segini tubuh tinggal menyisakan sisa-sisa stamina, kecepatan respon polisi sedemikian rupa tergolong spektakuler.

Ini bukan masalah menit-detik semata. Kejadian seperti di atas hampir bisa dipastikan bukan peristiwa yang menarik perhatian publik dan media. Ini bukan–katakanlah–situasi gagah berani yg bisa membuat karir polisi melejit. Tapi, saya percaya akan simpulan riset; momen semacam inilah yang menancapkan akar kepercayaan masyarakat pada polisi.

Belakangan ini, apalagi sejak menerima surat dari Kantor Wakil Presiden, saya gandrung dengan ungkapan “negara harus hadir”. Dan malam ini, Polresta Bogor dan–teristimewa– Polsek Bogor Barat menandaskan bahwa slogan itu bukan gincu belaka. Polsek Bogor Barat malam ini adalah representasi nyata kehadiran negara! Semakin fantastis, representasi negara itu hadir untuk warga ‘berkasta’ biasa bahkan sangat biasa.

Bravo, Bu Polisi dan Pak Polisi. Insya Allah, terus berjaya lagi bermanfaat.

Reza Indragiri Amriel
(Lembaga Perlindungan Anak Indonesia)

Sumber

Share Button
Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *