BNNP Jabar Ungkap 169 kg Ganja dibantu Barrack dan Excel

Sorotan Publik – Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat ( BNNP Jabar) berhasil menggagalkan peredaran dan transaksi narkotika jenis ganja seberat 169 kilogram pada 30 Juni 2019 di Depok.

Salah satu faktor keberhasilan operasi BNNtersebut, kata Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol Sufyan Syarif, dikarenakan ada bantuan anjing pelacak K9 milik BNNP Jabar.

“Kami melibatkan dua ekor Anjing (K9), namanya Barack dan Excel. Usia kedua Anjing tersebut masing -masing empat tahun yang secara khusus dilatih mengendus narkotika,” kata Brigjen Pol Sufyan Syarif, Kamis (11/7/2019).

Dari kedua Anjing tersebut, memiliki dua sifat yang berbeda. Barack berbulu hitam cenderung bersifaf pasif. Artinya, saat Barack menemukan narkotika melalui penciumannya, anjing jenis Herder tersebut hanya duduk diam.

Sementara untuk Excel, berbulu kecokelatan cenderung bersifat aktif.

Anjing ras Belgia Melanois ini akan menggaruk-garuk jika mengendus keberadaan narkotika.

Terlihat saat dipertunjukkan di hadapan awak media, Excel terlihat lebih aktif berjalan dan mengendus beberapa sudut bangunan di Kantor BNNP Jabar.

Selain itu, masih menggunakan kedua anjing yang sama, BNNP Jabar juga berhasil menemukan sabu-sabu seberat 100 gram yang dibuang oleh pelaku di tempat sampah.

Brigjen Pol Sufyan Syarif berharap kedua tim K9 ini juga bisa mendapat penghargaan dari BNN Pusat atas prestasi dan membantu penggagalan narkotika jenis ganja.

Sumber www.jabar.tribunnews.com

Share Button
Facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *